Trik Merawat Jenis Rambut Kombinasi

[quote]Kiat merawat rambut berminyak, kering atau normal mungkin sudah sering Anda dengar. Sayangnya terkadang rambut kita mengalami kondisi kombinasi, yaitu berminyak di akar rambut dan kering di ujung rambut. Bagaimana perawatannya?[/quote]

Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut kombinasi, yang paling umum adalah keturunan. Tapi ada kalanya rambut kombinasi timbul karena hal lain. Salah satu penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon. Jangan heran jika rambut kering Anda tiba-tiba berminyak di akarnya. Atau sebaliknya, rambut berminyak Anda menjadi kering di ujungnya. Bisa jadi saat itu Anda tengah stres sehingga hormon di tubuh menjadi kacau dan mengakibatkan perubahan jenis rambut. Kondisi ini juga bisa dialami oleh wanita yang tegah hamil.

Asupan makanan juga perlu diperhatikan. Makanan yang mengandung gula dan garam terlalu banyak juga dapat membuat rambut yang tadinya berminyak menjadi sangat kering.

Berikut beberapa kiat yang bisa Anda ikuti untuk merawat rambut kombinasi.

Memakai shampo dan pelembap dengan benar

Kesalahan saat memakai shampo dan pelembap yang bisa membuat keadaan rambut makin tak karuan. Saat memakai shampo, cukup gunakan di kulit kepala saja. Sesungguhnya fungsi shampo bukan untuk membersihkan rambut, tetapi untuk membersihkan kulit kepala. Shampo bisa menghilangkan sebum (minyak alami) di kulit kepala.

Jika Anda mengaplikasikan shampo hingga ujung rambut, maka ujung rambut akan semakin kering. Hal sebaliknya berlaku saat mengaplikasikan pelembap. Anda tak perlu mengoleskan pelembap di kulit kepala, cukup di ujung rambut. Mengaplikasikan pelembab di kulit kepala bisa membuat kulit kepala berminyak dan berisiko menyebabkan gatal.

Melindungi rambut dari sinar matahari berlebihan

Sinar matahari akan membuat kondisi rambut Anda semakin ekstrem. Kulit kepala akan semakin berminyak jika terkena sinar matahari. Sebaliknya ujung yang kering akan semakin kaku dan rapuh jika terkena panas matahari. Coba gunakan topi untuk merindungi rambut dari sinar matahari.

Hindari keramas dengan air terlalu panas

Akar rambut yang berminyak biasanya lebih rapuh. Membasuhnya dengan air panas hanya akan membuatnya semakin rapuh sehingga menimbulkan rambut rontok. Selain itu air panas akan membuat ujung rambut yang kering semakin kusam. Air panas akan menghilangkan lapisan pelindung rambut, sehingga rambut juga terlihat makin tipis dan sering kusut.

Hindari perilaku berlebihan pada rambut

Menggunakan berbagai macam produk justru bisa membuat rambut stres. Apalagi jika produk yang Anda gunakan banyak mengandung bahan kimia. Lebih baik pilih satu produk yang Anda percaya, dan tak perlu mencampurnya dengan yang lain. Hindari juga menata rambut berlebihan, misalnya menggunakan alat pengering yang panas serta menggunakan hair spray berlebihan. Hal itu akan membuat rambut rapuh.

Menggunakan shampo dengan PH rendah

Shampo dengan PH rendah dapat mengontrol minyak di kulit kepala tanpa tak membuat rambut menjadi kering. Shampo jenis ini cocok untuk menyeimbangkan kelembaban pada rambut dan kulit kepala Anda.

Sumber: Hair Talk

You may also like...