Tips dan Trik Berbelanja Tas

[quote]Tas dan wanita memang seringkali tak bisa dipisahkan. Banyak wanita yang terjebak membeli terlalu banyak tas tanpa pernah merasa puas. Kenapa sebabnya?[/quote]

Daripada terus menerus menguras budget bulanan untuk membeli tas sebaiknya pilih tas yang baik dan tahan lama. Memilih tas yang tepat bisa membuat tas lebih awet dipakai dan menghemat pengeluaran. Berikut beberapa langkah untuk memilih tas yang tepat.

[dropcap] 1. [/dropcap]Tujuan
Tetapkan tujuan, untuk apa tas ini akan digunakan. Pergi bekerja, nongkrong bersama teman, pesta, atau keperluan lainnya. Semakin banyak fungsi yang bisa dipenuhi oleh tas tersebut, tentunya semakin baik.

[dropcap] 2. [/dropcap]Model
Model klasik yang tidak terlalu banyak detil selalu menjadi pilihan yang tepat. Alasannya, model seperti ini tak akan mudah tergusur tren terbaru. Misalnya Anda memilih tas dengan aplikasi studded yang saat itu sedang tren, belum tentu tas tersebut masih cocok dipakai beberapa bulan kemudian. Jika ingin membeli tas dengan harga yang tinggi, sebaiknya pilih model yang klasik tanpa banyak detil sehingga bisa dipakai dalam waktu lama tanpa terlihat ketinggalan zaman.

Model tas dan bentuk tubuh juga penting diperhatikan. Bentuk tas sebaiknya proporsional dengan besar tubuh, Anda yang bertubuh mungil sebaiknya jangan memakai tas yang terlalu besar, begitu juga sebaliknya.

Jika tali tas Anda bisa disesuaikan, cocokkan dengan kondisi tubuh. Tas besar sebaiknya dikenakan lebih tinggi dan berakhir di garis pinggang Anda untuk memberi tampilan yang baik. Jika mengenakan tas ransel, usahakan panjangnya tidak melebihi pinggang.

[dropcap] 3. [/dropcap]Fungsi
Jika Anda sering bepergian dengan kendaraan umum, sebaiknya hindari tas dengan bahan kain, apalagi tanpa risleting. Selain mudah kotor, tas tersebut kurang memberikan perlindungan terhadap barang bawaan Anda. Sesuaikan tas Anda dengan kebutuhan sehari-hari. Sebisa mungkin tas yang Anda pilih memudahkan aktivitas Anda bukan malah menghambatnya. Begitu pula dengan Anda yang memiliki Anak kecil. Tas yang mudah dibersihkan dan praktis pastinya lebih meringankan langkah Anda saat beraktivitas dengan si kecil.

Saat membeli tas, pikirkan juga berapa kali tas ini bisa Anda gunakan. Jika tak terpikir untuk menggunakannya untuk waktu yang panjang atau bahkan belum terpikir kapan menggunakannya, sebaiknya batalkan niat untuk membeli tas tersebut.

[dropcap] 4. [/dropcap]Besar vs Kecil
Ukuran tas akan sangat mempengaruhi fungsinya. Tas besar biasanya menjadi favorit karena bisa dengan mudah dijejali berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Tapi jangan lupa, tas yang beratnya lebih dari 1 kg bisa berisiko menyebabkan sakit pinggang dan punggung. Pilih tas berukuran sedang yang multifungsi. Selain untuk ke kantor, tas berukuran sedang juga cocok untuk digunakan saat hangout usai bekerja.

[dropcap] 5. [/dropcap]Kualitas
Faktor yang satu ini biasa berhubungan dengan budget. Memang tas yang berharga miring seringkali sangat menggoda, tapi coba perhatikan kualitasnya. Lihat kembali tas-tas Anda dan perhatikan tas mana yang lebih tahan lama, tidak mudah rusak, warnanya tetap bagus, serta kualitas bahannya tidak mengelupas atau rusak.

Memang tas-tas berkualitas bagus harganya seringkali lebih mahal. Tapi tentu ada cara untuk mendapatkannya. Musim diskon dapat dimanfaatkan untuk mengincar tas-tas tersebut. Selain itu, tak ada salahnya menabung dan menahan keinginan untuk membeli tas selama beberapa bulan untuk mendapatkan tas yang lebih berkualitas. Membeli tas dengan budget rendah yang berumur pendek selama beberapa kali, tentu hasilnya sama dengan membeli satu tas berkualitas baik yang harganya bisa jadi lebih mahal.

Ketika membeli tas, perhatikan bahannya, resleting, lapisan dalam dan jahitan tas tersebut. Jika terasa kurang tahan lama sebaiknya urungkan niat untuk membelinya. Tas seharga Rp 150 ribu yang hanya tahan dipakai 15x jika dibanding dengan tas yang lebih mahal namun tahan bertahun-tahun tentu menjadi pertimbangan tersendiri saat memilih.

[dropcap] 6. [/dropcap]Warna
Jika akan membeli tas dengan budget besar, sebaiknya pilih warna yang netral dan mudah disesuaikan dengan pakaian. Untuk tas pesta cukup pilih satu atau dua tas dengan warna gelap atau mengkilat yang cocok dengan mayoritas pakaian pesta Anda. Jika Anda termasuk orang yang sering menumpahkan makanan atau bermain dengan anak-anak sebaiknya hindari tas berwarna putih yang mudah kotor. Tas-tas berwarna cenderung gelap lebih tepat menjadi pilihan Anda. Memaksakan membeli tas dengan warna yang tidak memiliki pasangan dengan pakaian Anda hanya akan membuat tas tersebut sia-sia dan menjadi sarang debu.

Tas yang bagus akan menambah nilai dalam penampilan seseorang. Sebaliknya tas yang kotor dan terlihat tidak terawat mengesankan sang pemilik kurang pandai merawat diri. Karena itu, ketika membeli tas sebaiknya tidak dalam keadaan terburu-buru atau hanya karena terdorong nafsu diskon saja. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa Anda kumpulkan jika bisa menghindari membeli tas dalam kondisi tadi. Bisa jadi Anda sudah bisa membeli sebuah tas bagus yang berkualitas dan tahan lama.

Artikel ini di ambuil dari  Yahoo She

Halaman: tips memakai tas tanpa risleting.

You may also like...