Strategi Belanja dengan Dana Terbatas tapi Banyak Keinginan

[quote]Tidak mudah hidup di tengah masyarakat dengan gaya hidup konsumtif, terutama untuk perempuan. Kalau tidak pintar menahan diri, bisa-bisa larut dalam pola belanja yang cenderung boros. Mungkin beberapa hal ini dapat membantu Anda membelanjakan uang atau membeli barang dengan bijak:[/quote]

Membuat catatan belanja. Dengan membawa catatan, Anda pun akan fokus untuk membeli barang-barang yang sudah direncanakan.

Menghindari jebakan merek. Pusatkanlah pada nilai guna suatu barang. Kalau memang ada barang yang lebih murah tapi memiliki kualitas yang sama dengan barang bermerek, kenapa tidak membelinya? Dengan begitu dapat menghemat pengeluaran untuk dipergunakan membeli keperluan lain.

Kritislah terhadap iklan. Anda mesti cerdas dan kritis terhadap iklan, karena iklan dapat “menciptakan kebutuhan”.

Miliki product knowledge. Tidak ada salahnya mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai barang yang akan dibeli. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya secara optimal.

Membawa uang tunai. Bawalah uang tunai sesuai dengan anggaran daftar belanja. Kalaupun menyiapkan kelebihan sebaiknya hanya sebagai uang jaga-jaga. Minimalkan pemakaian kartu ATM dan kartu kredit.

Pastikan benar-benar membutuhkan. Kalaupun ada barang yang ingin dibeli namun di luar daftar belanja, pastikan apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan. Bila perlu berpikirlah ulang dan kembali beberapa hari kemudian, untuk mengetahui apakah Anda membutuhkannya,  atau sekadar keinginan impulsif semata.

 

Sumber: Intisari Family Financial Planning