Rahasia Turun Berat Badan Para Selebritas Dunia

[quote]Matthew McConaughey turun berat badannya hingga 30 pon. Hugh Jackman sedikitnya mengalami penurunan 20 pon sedangkan Anne Hathaway berkurang berat badannya hingga 25 pon.[/quote]

Anna HathawayPara selebriti Hollywood itu menurunkan berat badan mereka demi peran dalam film yang mereka bintangi, seperti menjadi pasien AIDS atau pelacur hingga orang yang berpuasa sepenuhnya. “Diperlukan sementara waktu untuk membuat tubuh mengerti bahwa mereka harus memberi makan tubuh mereka sendiri dan tidak akan ada asupan apapun dari luar,” ujar McConaughey kepada ABC. “Pasti saya terlihat tidak sehat saat melakukan hal tersebut.”

Ingin turun berat badan? Hindari jenis makanan ini!

Hathaway yang berat badannya turun 15 hingga 25 pon dalam dua minggu hanya mengkonsumsi dua boks pasta kering oatmeal per hari, katanya mengungkapkan penngalamannya. “Saya harus terobsesi dengan itu, idenya adalah terlihat hampir mati,” katanya kepada Vogue seperti dikutip situs LiveScience 13 Desember 2012.

Efek samping dari diet tersebut tidaklah mengherankan, kata konsultan diet, Joy Dubost yang juga juru bicara Academy of Nutrition and Dietics. “Anda membuat tubuh Anda dalam kondisi stres yang luarbiasa,” ujarnya.

Dalam 24-48 jam kekurangan kalori, tubuh mengeluarkan simpanan glikogennya dari otot-otot dan hati — tempat penyimpanan karbohidrat yang menyediakan energi secara cepat, kata Dubost. Kemudian ia langsung memecahan protein di dalam otot dan lemak untuk memproduksi energi. Selama proses tersebut, sambung dia, metabolisme tubuh menurun untuk menyimpan energi. Sedangkan reaksi hormon akan berfluktuasi.

Jika Anda minum air, segalanya akan ke bawah segera, ungkap Dubost. Dehidrasi bisa menyebabkan tekanan darah meurun dan serangan jantung.

“Jadi hari-hari pertama syuting saya tidak minum air atau cairan lainnya selama 36 jam, yang menurut trainer kala itu adalah sebuah trik bodybuilder yang bisa memberikan kesan mata dan pipi yang cekung,” ujar Jackman kepada The Sun. “Jadi saya lakukan hal tersebut dan kemudian saya sesali 20 jam kemudian. Saat pertama kali melihat hasil syuting nya saya senang karena bisa melakukannya. Tapi kemudian saya merasa sakit kepala yang hebat, sedikit pusing dan sangat-sangat menyebalkan.”

Yang dialami Jackman, menurut Dubost, adalah gejala dehidrasi yang jika diabaikan bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti kerusakan otak, bahkan kematian.

Diet rendah kalori tidak akan memperpanjang usia.

“Ini bukanlah sesuatu yang harus dilakukan dengan mudah,” ujar Dubost. “Sayangnya banyak orang melihat yang dilakukan para selebriti dan berpikir mereka bisa melakukannya juga, namun bukan itu masalahnya.”

Menurut Dubost, tidak ada gunanya berpuasa tak makan apapun.Namun puasa sesekali, kata para penganjurnya, bisa meringankan stres seperti dampak berolahraga. “Olahraga adalah stres yang energik karena Anda mengalami peningkatan pengeluaran energi,” kata Mark Mattson, kepala laboratorium ilmu saraf di National Institute on Aging. “Sebaliknya berpuasa meskipun dalam jangka pendek antara 16-24 jam juga memberikan efek stres energik pada tubuh namun dalam cara yang berkebalikan yaitu menurunkan kemampuan energi.”

Apakah respon adaptif terhadap stres ringan akibat tak mengkonsumsi makanan? Dalam penelitian pada hewan, Mattson dan rekannya menemukan perubahan positif pada sel saraf. Berpuasa yang hanya sesekali bisa melindungi neuron atas kerusakan akibat stres oksidatif, misalnya, dan pengaturan glukosa yang lebih baik.

Sementara penelitian pada manusia menunjukkan bahwa wanita berisiko terkena kanker payudara baik karena pembakaran lemak yang lebih banyak dan menunjukkan sensitivitas insulin yang lebih besar pada diet dengan dua dua hari rendah kalori dibandingan mereka yang selalu mengkonsumsi level rendah tetapi konsisten kalori per hari.

Menurut Mattson tidak ada bukti bahwa sebagian besar penyakit berisiko yang belum ada obatnya hingga kini, seperti Alzheimer, bisa diturunkan dengan melakukan diet atau olahraga.

Sumber

You may also like...