Pakai Make-up Saat Olahraga Tak Disarankan

[quote]Ketika hendak berolahraga, tubuh kita sebaiknya memang sudah dalam keadaan bersih. Wajah pun sudah dibasuh. Pasalnya, sehabis olahraga kita kerap mengelap keringat di tubuh dan wajah. Aksi ini ternyata bisa membuat kotoran pada pori-pori wajah jadi semakin menumpuk. Tidak heran bila kita jadi sering jerawatan.[/quote]

Bagi sebagian perempuan, khususnya yang terbiasa ber-make-up, datang ke pusat kebugaran tanpa riasan wajah ternyata sedikit sulit. Paling tidak, bedak, lipstik tipis, dan perona pipi yang bisa membuat wajah lebih segar harus tetap dipakai.

Lebih dari seperempat dari perempuan Inggris tetap memakai make-up ketika nge-gym. Sebanyak 38 persen mengaku bahwa mereka memang tidak biasa meninggalkan rumah tanpa make-up, 29 persen bilang bahwa make-updiperlukan untuk meningkatkan kepercayaan diri saat nge-gym, 15 persennya butuh make-up untuk mengatasi masalah kulit, dan 11 persennya mengaku memakai riasan wajah untuk membuat lawan jenis mereka terkesan.

“Meski sudah biasa melihat perempuan Inggris jalan-jalan dengan riasan wajah tebal, saya masih sedikit terkejut melihat betapa banyaknya perempuan yang mengaku bahwa mereka merasa tidak nyaman latihan olahraga tanpa memakai riasan wajah,” tutur Mark Pearson, chairman myvouchercodes.co.uk, penyelenggara survei ini.

Ia menduga para perempuan ini ketularan gaya para selebriti yang pergi ke pusat kebugaran dalam keadaan full make-up. Namun, Pearson yakin bahwa tidak baik jika sepanjang latihan wajah kita tertutup make-up. Pengakuan dari para peserta survei juga menunjukkan bahwa memakai riasan wajah membuat sesi latihan menjadi tidak efektif.

“Beberapa responden mengaku mereka malah kerepotan ketika memakai riasan wajah di gym. Soalnya, mereka jadi tidak berlatih cukup keras karena tidak mau merusak riasan wajah mereka,” lanjut Pearson.

Mengenai hal ini, mayoritas perempuan (64 persen) mengaku bahwa memakai make-up memang memengaruhi cara mereka berolahraga, dan menjadi tidak berlatih cukup keras karena tidak mau riasan wajah jadi luntur karena keringat (51 persen). Di lain pihak, 31 persen perempuan yang menjadi member di gym juga mengatakan bahwa mereka malah bisa berlatih lebih keras karena jadi percaya diri (berkat riasan wajah).

“Latihan Anda akan percuma kalau Anda tidak berusaha lebih keras kan? Lagipula, saya yakin Anda pasti lebih mampu memikat lawan jenis kalau mereka bisa melihat Anda berlatih dengan giat!” tukas Pearson.

KOMPAS.com