Merawat Tas Tangan Agar Awet

Barang-barang yang dirawat dengan benar akan tahan lebih lama dan memudahkan Anda setiap kali akan digunakan.

Tas TanganLebih hemat menjaga barang dalam keadaan rapi dan bersih ketimbang selalu memberi baru. Tas tangan contohnya. Tas tangan saat ini sudah seperti perhiasan, harganya bisa mencapai jutaan, bahkan ratusan juta. Meski tak semahal itu pun, tetap saja tas tangan yang dimiliki, apalagi yang terbuat dari bahan-bahan rentan rusak, seperti kulit, harus dirawat sebaik mungkin. Berikut tips untuk merawat tas tangan agar tetap terjaga baik.

1. Saat tak digunakan, selalu bungkus tas tangan agar terhindar dari debu. Gunakan penutup tas yang biasanya diberikan dari toko, atau gunakan sarung bantal yang terbuat dari bahan lembut dan alami.

2. Perhatikan kebersihan tangan Anda saat memegang tas. Hindari menggenggam langsung pegangan tas tangan dengan telapak tangan. Anda pasti setuju, telapak tangan adalah salah satu bagian tubuh yang tanpa sadar, merupakan bagian yang memiliki kuman dalam jumlah banyak. Selain itu, dari penggunaan lotion pun bisa menyebabkan kulit pada tas terlihat kehitaman. “Sebaiknya sampirkan saja tasnya di lengan, jangan menggenggam pada pegangannya. Apit di lekuk sikut. Dengan begini, Anda bisa menghindari kerusakan pada pegangan tas akibat terpapar dari lotion atau kotoran yang melekat pada telapak tangan,” jelas Ticco Chandra, pemilik Colorwash, jasa pencucian profesional khusus tas dan sepatu kulit kepada Kompas Female.

3. Jangan isi tas dengan barang-barang berat, karena bisa merusak bentuk aslinya. Hindari pula membawa pulpen tanpa tutup atau pulpen yang menggunakan pegas otomatis di bagian belakangnya, karena bisa tanpa sengaja mengeluarkan ujung pulpen dan menodai bagian dalam tas. Pulpen yang asal taruh, meski dengan tutup pun bisa menusuk dan merusak bentuk tas. Sebaiknya taruh di dalam kotak pensil tersendiri untuk jaga-jaga. Jangan pula mencoba menggunakan bagian luar tas sebagai tatakan tulisan, ujung pulpen bisa menembus kertas dan menodai tas.

4. Hindari menaruh langsung produk-produk perawatan ke dalam tas. Lotion, foundation, krem, atau produk-produk kecantikan lainnya. Tak pernah tahu kapan produk-produk tersebut bocor dan merusak tas Anda selamanya.

5. Hindari penggunaan tas tangan yang mahal atau spesial jika Anda melihat cuaca sedang tidak bersahabat atau akan berkunjung ke daerah yang lembap atau berpotensi merusak tas karena cuaca atau kondisi yang tidak ramah.

6. Jangan membawa tas tangan mahal ke salon atau penata rambut, karena produk-produk perawatan dan penataan rambut bisa dengan mudahnya menempel dan merusak tas. Selain itu, potongan rambut yang baru diberikan zat kimia juga bisa menempel dan merusak tampilan tas.

7. Jika tas Anda memiliki pegangan yang terbuat dari rantai, pastikan rantai tersebut disimpan di bagian dalam tas saat sedang tidak digunakan. Ini penting agar rantai tidak merusak bahan pada bagian luar tas.

8. Saat penyimpanan, sebaiknya gunakan bubble wrap untuk ditaruh di bagian dalam tas dan menjaga bentuknya. Hindari penggunaan kertas tisu atau koran karena bisa menarik rayap untuk berkembang biak di dalamnya.

9. Hindari penggunaan tas spesial ke supermarket karena jika Anda menaruh di troli, jaring-jaring pada troli bisa meninggalkan bekas permanen atau lebih parah, tumpahan makanan atau minuman akan merusak tas.

10. Ticco juga menyarankan, agar Anda melakukan pelapisan atau waterproofing tas agar terhindar dari kecelakaan-kecelakaan yang tak diinginkan, seperti tersiram air atau terkena noda pulpen. Waterproofing juga memudahkan pembersihan jika tas terkena cairan.

11. “Jangan sekali-kali menggunakan celana jins baru sambil menenteng tas tangan baru pada saat bersamaan. Saya paling sering menemukan jeans stain pada tas tangan dari kulit. Ini terjadi karena tas kulit bergesek dengan jins yang warnanya masih sangat pekat,” jelas Ticco yang menyarankan agar jika sampai terjadi, segera bawa tas ke tempat pencucian tas profesional, jangan sampai menunggu warna jins meresap ke dalam tas terlalu lama.

12. Untuk tas yang disimpan di dalam lemari, usahakan untuk memberikan aliran udara ke dalam lemari, setidaknya angin-anginkan tas atau sepatu kulit agar tidak berjamur. Simpan arang Korea di dalam lemari untuk menyerap kelembapan, jangan gunakan silica gel atau penyerap kelembapan karena bisa tumpah dan malah membasahi tas.

13. Untuk tas dari bahan kanvas, jangan biasakan untuk mencuci sendiri dengan deterjen atau sikat karena akan merusak kondisi awalnya dan malah merusak jaringan benangnya.

14. Jika terkena noda yang membandel, coba warnai kembali tas. Pastikan Anda membawanya ke tempat jasa pewarnaan tas yang profesional.

Artikel ini di ambil dari KOMPAS.com

Halaman: cara menghilangkan noda pulpen pada tas, cara menghilangkan noda pulpen di tas, cara menghilangkan noda pulpen di tas kulit, Menghilangkan noda pulpen di tas, cara menghilangkan bekas pulpen di tas, Menghilangkan noda pulpen pada tas.

You may also like...