Cara Menjalankan Gaya Hidup Sehat

[quote]Apakah anda sudah menjalankan gaya hidup sehat? Seberapa sering anda melakukan olahraga? Apakah anda sudah meminum 8 gelas air setiap hari? Atau tidur 8 jam di malam hari? Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menjalankan pola hidup sehat. Cara-cara tersebut biasanya cukup sederhana, namun terkadang kita malas untuk melakukannya.[/quote]

Ada banyak akibat buruk yang akan muncul jika anda tidak menjalankan pola hidup sehat, misalnya kegemukan dan meningkatnya resiko berbagai jenis penyakit. Hari ini organ di dalam tubuh anda mungkin masih bekerja dengan baik. Namun beberapa tahun ke depan anda tidak tahu apa yg akan terjadi. Semua sel di dalam tubuh mengalami penuaan, oleh sebab itu mulai dari sekarang belajarlah menjalankan gaya hidup sehat. Apa saja yang bisa anda lakukan?

[dropcap]1. [/dropcap]Minum air secukupnya.
Banyak dari kita yang tidak suka minum air. Air sangat penting untuk menjaga metabolisme di dalam tubuh. Apakah anda tahun bahwa 60% tubuh kita adalah air? Air berperan vital dalam menjaga kinerja organ-organ di dalam tubuh. Selain itu juga berfungsi untuk distribusi nutrisi, oksigen, dan membantu proses pembersihan kotoran di dalam tubuh. Tubuh kehilangan air setiap hari, baik melalui pernafasan, urin, atau yang lainnya. Oleh sebab itu cukupi kebutuhan tubuh akan air dengan minum 8 gelas sehari.

[dropcap]2. [/dropcap]Tidur secukupnya.
Jika anda kekurangan tidur, tubuh akan bereaksi dengan menginginkan makanan lebih banyak. Jika yang masuk adalah makanan sehat tidak masalah, lalu bagaimana jika anda selalu mengkonsumsi junkfood? Ini akan menimbulkan masalah besar pada kesehatan anda. Oleh sebab itu tidurlah secukupnya setiap hari. Tanda tidur yang cukup adalah anda tidak merasa mengantuk saat beraktivitas.

[dropcap]3. [/dropcap]Bermeditasi.
Meditasi memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk fisik dan pikiran kita. Meditasi membantu pikiran lebih tenang dan membuat tubuh kita rileks. Tidak sulit untuk melakukan meditasi. Anda hanya perlu mencari tempat yang tenang, kemudian duduk bersila, menutup mata dan membiarkan semua ketegangan menghilang dari pikiran anda. Kunci sukses meditasi adalah tidak memaksa pikiran untuk tenang. Biarkan saja pikiran anda mengalir, namun usahakan tetap fokus pada satu hal saja. Semakin sering berlatih, semakin mudah juga anda berkonsentrasi hingga pada akhirnya anda akan mampu mengendalikan pikiran.

[dropcap]4. [/dropcap]Melakukan olahraga.
Kalau bisa jangan hanya sekali atau dua kali seminggu, namun setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, misalnya mengurangi resiko berbagai macam penyakit, meningkatkan kekuatan tulang, menurunkan berat badan, dan menambah panjang usia kita. Berolahraga tidak harus yang berat-berat seperti mengangkat barbel atau semacamnya. Cukup dengan jogging kecil di sekitar rumah atau naik turun tangga setiap hari

[dropcap]5. [/dropcap]Makanlah buah-buahan lebih banyak.
Buah adalah sumber utama vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan ini selalu menjadi menu utama bagi mereka yang ingin menjalankan gaya hidup sehat. Anda mungkin bisa mendapatkan vitamin dan mineral dari suplemen atau produk lainnya, namun yang alami selalu lebih baik. Setiap buah memiliki kandungan yang berbeda-beda, silakan konsumsi sesuai dengan kebutuhan. Beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi antara lain semangka, apel, jeruk, alpukat, jambu, stroberi, pepaya, aprikot, dan masih banyak lagi.

[dropcap]6. [/dropcap]Makan lebih banyak sayur-sayuran.
Bukan tanpa alasan kita diajari untuk makan sayur sejak kecil. Seperti buah, sayur memiliki banyak sekali manfaat  kesehatan. Pakar nutrisi menyarankan agar kita mengkonsumsi sayur setiap kali makan pagi, siang, dan malam. Kebanyakan orang tidak suka sayur. Namun untuk menjalankan pola hidup sehat, mau tidak mau anda harus belajar mengkonsumsi bahan makanan yang satu ini. Sayur mudah diolah menjadi berbagai macam masakan. Anda bisa mengolah sayur dengan berbagai variasi sehingga tidak bosan memakannya. Beberapa macam sayur yang bisa anda pertimbangkan misalnya kecambah, jamur kancing, kacang panjang, kacang Perancis, kacang merah, kacang hitam, asparagus, dan wortel.

[dropcap]7. [/dropcap]Pilih bahan makanan yang berwarna.
Bahan makanan yang memiliki warna terang umumnya memiliki tingkat antioksidan yang tinggi. Antioksidan sangat penting bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas yang kerap kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi antara lain pisang, jamur, jeruk, pepaya, nanas, apel, tomat, mentimun, dll.

[dropcap]8. [/dropcap]Hindari makanan kemasan.
Bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan kaleng atau makanan kemasan lainnya, sebaiknya kurangi mulai dari sekarang. Ada banyak kekurangan yang dimiliki oleh makanan kemasan, seperti kadar nutrisi yang tidak terlalu tinggi dan penambahan zat berbahaya seperti pengawet atau pemanis buatan. Terlalu sering mengkonsumsi makanan kemasan bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

 

Sumber: Infowanita.com

Nicole Bag

Nicole Bag Memiliki Model yang unik dan luas, sangat cocok untuk kamu yang penuh aktifitas.

Rp 230.000,-

Order by : Sms. 08111885709 / Tlp. 021 92290133 BB Pin 2777B7F1/ Email : Hanipahmail@gmail.com
Menghasilkan Uang dengan Oriflame?

You may also like...