Cara Membakar 3.000 Kalori Sepekan

[quote]Siapa bilang membakar ribuan kalori dalam seminggu susah? Sebenarnya, banyak kegiatan sederhana yang bisa kita lakukan demi membakar kalori. Kegiatan itu tak perlu berat, kok. Seperti dikutip dari situs Sheknows.com, membakar kalori bisa kita lakukan lewat kegiatan sederhana dan menyenangkan.[/quote]

Menurut instruktur kebugaran Christina Lusita, beraktivitas secara konsisten bisa membuat Anda dan si kecil tetap sehat. “Jika kita membiasakan diri melakukan kegiatan tertentu yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, bisa dipastikan kualitas hidup kita pun membaik,” ujarnya.

Lusita menyebutkan, banyak orang selama ini berpikir salah tentang kalori. Umumnya, orang menganggap mengurangi asupan kalori adalah cara terbaik menurunkan berat badan. Padahal, mengurangi kalori saja tak cukup. “Berolahraga juga faktor kunci yang membuat diet Anda berhasil,” kata dia.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah bersepeda bersama sahabat, kekasih, atau keluarga Anda. Melakukan aktivitas membakar kalori bersama orang terdekat diyakini Lusita tak membuat Anda ogah-ogahan. Hal terpenting kedua adalah menciptakan suasana olahraga yang menyenangkan. Apabila Anda berolahraga seorang diri, jangan lupa menyiapkan daftar lagu favorit pada alat pemutar MP3 Anda.

Berikut ini daftar kegiatan dan perkiraan jumlah kalori yang terbakar jika Anda melakukannya selama satu jam:

1. membersihkan jendela rumah = 336 kalori,
2. menyapu lantai = 240 kalori,
3. menggunakan vacuum cleaner = 215 kalori,
4. menggosok lantai = 325 kalori,
5. fitness = 400 kalori,
6. pilates = 150 kalori,
7. mendaki bukit = 500 kalori,
8. bermain dengan hewan peliharaan = 442 kalori,
9. berdansa = 442 kalori,
10. bersepeda = 454 kalori,
11. golf = 170 kalori, dan
12. pingpong = 226 kalori.

Untuk bisa membakar 3.000 kalori sepekan, pilih saja kegiatan yang Anda suka dari daftar di atas. Jangan lupa melakukannya secara konsisten untuk mencapai target yang diinginkan. TEMPO.COJakarta.