Ayo Biasakan Membaca, Cantik

 

Membiasakan membaca

[quote]Buku adalah jendela dunia. Sayangnya untuk membuka jendela tersebut sering rasanya malaaass… sekali.[/quote]

Bila Anda mencari hal menarik yang bisa mendorong Anda untuk membaca, Vemale akan menyuguhkan beberapa alasan mendasar dan penting untuk Anda ketahui berikut ini.

1. Membaca Mempertajam Pemikiran

Sama seperti pisau, pikiran kita bisa diasah dengan buku. Cari buku yang menarik, terutama buku yang bisa mengajari Anda banyak hal tentang kehidupan. Membaca sama dengan memberikan arahan-arahan baru sehingga Anda semakin mengerti banyak hal setiap kali Anda memahami lembar demi lembar. Dengan demikian otak Anda akan tetap aktif memperoleh dan mengelola informasi. Bisa jadi ini mengurangi lemot dan kedangkalan pemikiran lho.

2. Memperluas Kosa Kata

Anda akan menjadi orang yang membosankan dan bosan dengan diri Anda sendiri bila Anda terus-terusan menggunakan kosa kata yang sama. Dengan membaca, mungkin Anda akan tahu indahnya menggunakan kata ‘bosan’, ‘jenuh’ dan ‘jengah’ dalam cara yang berbeda. Orang juga bisa menilai Anda dengan kata-kata Anda, jadi expand your vocabularies.

3. Menambah Kreativitas

Buku mampu membuat Anda makin kreatif. Kreatif mengolah kata, mengolah bahan sederhana menjadi berguna hingga mengolah masalah sampai ketemu jalan keluarnya. Menarik, bukan? Hanya dari sebuah buku, Anda bisa menjadi sosok yang bisa diandalkan karena Anda tahu banyak. Siapa sih yang tidak ingin berguna bagi orang lain?

4. Imajinasi

Ini adalah bagian yang paling mengasyikkan. Sebuah buku fiksi sampai non fiksi bisa memainkan imajinasi dan pikiran kita untuk menghayati isi buku tersebut. Santai sedikit dan biarkan pikiran sedikit berfantasi dengan isi buku fiksi Anda. Orang dengan imajinasi tinggi, cenderung lebih optimis dan bahagia lho. Tapi dengan menyeimbangkannya dengan kenyataan tentunya.

5. Menemukan Pelajaran Baru

Akhir-akhir ini kata-kata bijak seringkali kita temukan saat membaca Twitter, buku fiksi, buku biografi atau bahkan film. Bila Anda ingin menemukan banyak quotes menarik, cobalah membaca buku-buku fiksi romantis yang populer saat ini. Atau bila belum sempat membeli buku, coba browsing blog-blog Indonesia. Banyak blog menarik dari orang yang belum terkenal sekalipun di mana tulisan mereka mampu menginspirasi kita untuk lebih baik, entah bidang sosial maupun percintaan.

Itulah beberapa alasan yang worth untuk Anda pikirkan sebagai motivasi membaca. Entah membaca buku, blog maupun jurnal, giatlah membaca karena tidak ada ruginya. Seperti menabung uang, dengan membaca buku Anda sudah menabung pengetahuan dan memperluas kesempatan untuk berhasil. Selamat membaca, Ladies.

(vem/gil)

Sumber