7 Makanan Membuat Kulit Cantik

7 makanan membuat kulit cantik

berita-artis.info

Apa yang Anda makan pasti akan berpengaruh dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak terlepas tampilan kulit Anda. Ada baiknya Anda juga bijak dalam memilih makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Ternyata, beberapa makanan bisa membantu mencerahkan dan melembabkan kulit Anda.

Ingin kulit cantik? Semua itu membutuhkan perawatan yang tepat. Agar hasilnya maksimal, selayaknya perawatan tak hanya dari luar saja, tetapi juga dari dalam. Nah, nutrisi kulit Anda dari dalam dengan makanan berikut:

1. Salmon
Salmon memang baik untuk Anda yang sedang berdiet. Tapi tak hanya itu, salmon ternyata ampuh menghilangkan jerawat. “Salmon mengandung asam lemak Omega-3 yang tinggi. Maka menyantap salmon ini bisa jadi trik untuk meningkatkan jumlah lemak baik dalam tubuh,” ungkap Lisa Dryer, Ahli Diet dan penulis buku The Beauty Diet. 

Jerawat bisa timbul karena adanya sisa lemak jahat di jaringan kulit. Ketidakseimbangan sisa lemak yang menumpuk bisa menyebabkan peradangan dan pori-pori kulit tersumbat. Dengan konsumsi salmon, akan meningkatkan jumlah lemak baik dalam kulit, dan jerawat tidak bisa tumbuh dengan adanya lemak omega-3.

2. Kenari

Kacang kenari bisa membantu melembabkan kulit yang kering. Anda bisa menambahkannya dalam salad, sayur, atau pasta. “Kenari adalah satu-satunya kacang yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kenari mengandung asam lemak Omega-3 yang bisa membuat kulit jadi mulus,” tambah Drayer. Kenari mengandung Alpha Linolenic Acid (ALA) dan Omega-3. Kekurangan dua zat tersebut bisa membuat kulit jadi bersisik atau terserang eksim.

3. Telur
Makanan yang satu ini pasti jadi favorit banyak orang.Selain rasanya yang enak, telur juga berfungsi menghilangkan kerutan, memperkuat sel kulit dan menghilangkan garis halus. “Telur mengandung Lutein dan Zeaxantin. Lutein meningkatkan elastisitas kulit,” jelas Lora Krulak, Ahli Gizi dan penulis buku Veggies for Carnivores.

4. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beta karoten yang bisa diubah jadi vitamin A. Vitamin ini membantu kulit jadi lembut dan halus,” kata Dryer. Agar manfaatnya lebih terasa, sebaiknya masak ubi ini dengan cara tradisional seperti dikukus atau dipanggang agar vitaminnya tak rusak.

5. Alpukat
Menambahkan alpukat dalam menu makanan Anda akan membuat kulit Anda jadi lebih bersinar. Alpukat mengandung banyak minyak alami yang bisa menghidrasi kulit. Buah ini juga mengandung vitamin C, E dan Lutein yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antiaging.

6. Paprika
Paprika mengandung banyak vitamin C. Selain itu paprika merah juga bisa membantu menstimulasi sintesis kolagen dan melindungi kulit dari penuaan dini.

7. Tomat

Sinar matahari punya dampak yang buruk bagi kulit, maka banyak dermatologi menyarankan untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit. Selain tabir surya, konsumsi tomat juga bisa membantu melindungi kulit dari sengatan matahari. Tetapi bukan berarti tomat bisa menggantikan fungsi tabir surya. Konsumsi tomat bisa membantu mengurangi senstivitas kulit pada matahari. Selain tomat, sayuran lain yang bisa melindungi kulit adalah semangka, wortel, bayam, dan mangga. “Makanan ini mengandung karotenoid yang bisa melindungi kulit dari matahari,” ungkap Dryer.

Sumber: SheKnows

You may also like...